BAB I

PERANGKAT KERAS KOMPUTER

 

Tahukah kalian, komputer pertama pada zaman dahulu berukuran sangat besar sehingga harus ditempatkan pada satu ruangan yang luasnya 167m? Sangat  berbeda dengan sekarang ini, komputer berukuran kecil sehingga mudah kita bawa ke mana-mana. Berbagai perangkat pendukung komputer juga berkembang dengan pesat. Pada bab ini kita akan membahas berbagai macam perangkat keras komputer (hardware) beserta fungsinya.

Sebelum kita mengenal perangkat keras komputer, sebaiknya kita kenali terlbih dahulu apa itu komputer ???

Komputer merupakan suatu mesin elektronik yang terdiri dari ribuan bahkan jutaan komponen yang bekerja secara tepat dengan membentuk sebuah sistem kerja yang rapi dan teliti. Komputer dapat menerima informasi input digital, kemudian memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan di memori, menyimpan perintah-perintah dan hasil pengolahan, serta menghasilkan output berupa informasi.

Perangkat keras (Hardware) adalah perangkat keras komputer yang berupa sebuah bentuk fisik dari komputer itu sendiri, hardware dapat berupa komponen elektonik yang dapat kita sentuh. pada dasarnya hardware diklasifikan seperti gambar berikut

Otak dari komputer, yang mengatur dan mengerjakan seluruh proses komputer, contoh:

-Motherboard

-Processor

-Memory

-VGA

-Sound card

 

Media untuk menyimpan informasi, contoh:

-Harddisk drive   -Flashdisk

-Floppy drive

-Optical drive

 
Oval: 4
Storage Device
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Setiap bagian dari komputer tersebut mempunyai fungsi masing-masing yang saling berkaitan. Input device/perangkat input (1) merupakan perangkat yang berfungsi untuk menerima input untuk diproses oleh CPU. Sebaliknya, output device/perangkat output (2) berfungsi untuk menampilkan hasil pengolahan data yang dihasilkan oleh CPU. Central Processing Unit (3) atau sering disingkat CPU merupakan komponen yang paling penting dari komputer, karena komponen inilah yang mengendalikan semua unit sistem komputer yang lain dan mengubah input menjadi output. Storage device/perangkat penyimpanan (4) menyediakan tempat untuk menyimpan data. Tempat penyimpanan ini sendiri dapat berupa RAM dan ROM.

Perangkat keras (hardware) komputer umumnya digolongkan menjadi 4 jenis, yaitu:

Ø  Perangkat masukan data (input device)

Ø  Perangkat keluaran data (output device)

Ø  Perangkat pemrosesan data (processing device)

Ø  Perangkat penyimpanan data (storage device)

Berikut ini akan dibahas satu-persatu perangkat keras tersebut.

1.       Input Device ( Perangkat Masukan )

perangkat masukana adalah alat yang digunakan manusia untuk memberi perintah ke komputer, alat ini biasaya bias berupa tombol – tombol, sebuah pointer maupun layar sentuh, berikut beberapa contoh dari perangkat masukan :

a.       Keyboard ( Papan ketik )

adalah sebuah papan ketik yang berisi kumpulan huruf angka dan karakter lain yang digunakan untuk memberi masukan kepada komputer.

b.       Mouse

adalah alat masukan yang digunakan untuk meggerakkan pointer ( tanda panah ) pada layar komputer, sehingga dengan adanya mouse kita lebih mudah dalam memilih menu – menu yang ada pada layar komputer. bentuk mouse bermacam – macam ada yang terbuat dari track ball, sinar infra merah dan pada perkembangannya mouse sudah disertakan pada komputer jinjing atau laptop, mouse pada laptop ini sering kita kenal dengan touchpad.

 

c.       Scanner ( Pemindai Gambar )

adalah perangkat masukan yang digunakan untuk memindai gambar atau foto, sehingga gambar tersebut dapat dilihat maupun disimpan dalam komputer, scanner ini biasanya digunakan untuk mengarsipkan berkas – berkas lama, sehingga jika berkas yang berupa media kertas hilang atau rusak, kita masih memiliki berkas digital didalam komputer.

 

 

 


   a. Keyboard                             b. Mouse                                   c. Scanner

 

d.        Microfon

adalah perangkat masukan yang digunakan untuk memasukkan data berupa suara ke komputer.

e.       Webcam

adalah sebuah kamera yang digunakan untuk mengambil gambar atau video yang secara langsung dapat disimpan di komputer, biasanya webcam digunakan untuk bercakap – cakap melalui internet yang sering kita kenal dengan video call maupun video converence.

f.        Pen Tablet / Digitizer

adalah sebuah perangkat masukan yang berfungsi seperti mouse akan tetapi meiliki sensitifitas daya tekan. sehingga dengan menggunakan perangkat ini mempermudah pengguna untuk menggambar garis tebal tipis yang tidak dapat dilakukan dengan sebuah mouse. pen tablet ini biasa digunakan para designer untuk melukis maupun kegiatan desain grafis lainnya.

 

 

 

 

 

 


  1. Microfon                      e. Webcam                                           f. Pen tablet/ Digitizer

g.       Touchscreen / Layar sentuh

Seiring berkembangnya teknologi, sebuah komputer juga dilengkapi dengan fasilitas layar sentuh, hal ini ditujukan untuk mempermudah pengguna.

h.       Barcode Scanner

yaitu perangkat input yang digunakan untuk membaca kode batang pada sebuah benda, barcode scanner biasanya digunakan di supermarket atau pasar swalayan, cara kerja dari barcode ini adalah dengan cara menembakkan sinar inframerah pada bagian produk yang terdapat kode batangnya.

 

 

 

 

 

 

 


  1. Touchscreen                             h. Barcode Scanner

 

 

2.       Output Device ( Perangkat Keluaran )

a.       Monitor

monitor adalah sebuah perangkat yang digunakan untuk menampikan gambar pada sebuah komputer, monitor menalami banyak perkembanga. pada jaman komputer pertama ditemukan monitor hanya dapat menampilkan huruf dalam satu warna, kemudian disusul dengan monitor berwarna yang bentuk fisiknya masih lumayan tebal. monitor ini disebut dengan monitor CRT ( Cathode Ray Tube ). selanjutnya monitor CRT digantikan dengan monitor LCD yang ukurannya lebih tipis, hemat ruang dan hemat daya. LCD adalah singkatan dari Liquid Crystal Display, pada masa sekarang LCD juga sudah mulai tergantinkan dengan layar LED Display ( Light Emit Diode Display ).

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Monitor CRT                                  Monitor LCD

 

b.       Speaker

Adalah perangkat keluaran yang menghasilkan suara. speaker komputer memiliki fungsi yang saya dengan speaker pada umumnya akan tetapi memiliki daya yang lebih kecil.

 

 

 

c.        Printer

Adalah perangkat keluaran yang digunakan untuk mencetak data ke media kertas. printer ini dibagi menjadi beberapa jenis yaitu printer dot matriks, printer inkjet dan printer laser.

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Printer Inkjet                                   Printer Dot Matriks                   Printer Laser

 

d.        Plotter / LFP ( Large Format Printer )

adalah perangkat keluaran yang digunakan untuk mencetak pada media yang lebih luas daripada printer, plotter biasa digunakan untuk mencetak foto ukuran jumbo, mencetak baner dan media lain yang berukuran besar.

 

 

 

 

 

 

 

 


e.      Proyektor

Proyektor hampir sama dengan monitor, yang  berfungsi  untuk menampilkan gambar  atau   visual   hasil   pemrosesan data. Proyektormemerlukan objek lain sebagai media penerima pancaran signal- signal gambar yang dipancarkan.

3.       Processing Unit ( Bagian Pemprosesan )

Processing unit adalah perangkat yang terdiri dari beberapa pengkat lain yang saling berkolaborasi untuk mengolah data pada sebuh komputer, baik tidaknya sebuah komputer di pengaruhi oleh komponen – komponen dari processing unit. berikut beberapa komponen penting sebuah Processing Unit :

a.        Processor

adalah otak dari sebuah komputer, dimana semua data yang ada di komputer diolah di processor. processor ini terdiri dari ribuan bahkan jutaan transistor yang disusun rapi pada sebuah chip kecil, sebuah pabrik processor menggunakan teknologi nano untuk menyusun jutaan transistor tersebut. processor yang popular saat ini adalah merek Intel dan AMD.

Processor itu sendiri terdiri dari beberapa bagian diantaanya :

Ø  ALU ( Arithmetic Logic Unit ) merupakan pusat darisegala perhitungan matematis dari sebuah processor, disinilah semua data diproses

Ø  CU ( Control Unit ) merupakan bagian processor yang berfungsi untu mengatur lalulintas data maupun perhitungan yang dilakukan processor.

Ø  MU ( Memory Unit ) bagian pendukung dari sebuh processor, dimana perintah – perintah yang sering dikerjakan processor akan disimpan disini, sehingga jika ada perintah yang sama berulang, ALU menyerahkan tugas tersebut ke MU.

                              

Processor Merek Intel (LGA)                                                           Processor Merek AMD (PGA

Produsen processor yang terkenal saat ini adalah Intel dan AMD keduanya adalah perusahaan asal California Amerika serikat, processor intel menggunakan socket / dudukan LGA ( Land Grid Array ) sedangkan AMD menggunakan socket PGA ( Pin Grid Array )

b.       Motherboard ( Papan Induk )

merupakan perangkat sirkuit utama sebuah komputer, dimana semua perangkat keras komputer di hubungkan dengan motherboard ini. dengan kata lain motherboard adalah perangkat yang digunakan untuk meletakkan komponen – kompenen komputer lain.

 

 

 

 

 

 

 

c.       RAM ( Random Access memory )

adalah sebuah perangkat pemproses berupa media penyimpanan yang bersifat sementara, yang berfungsi untuk menyimpan data atau perintah yang bersifat sementara. jadi jika komputer dimatikan, data yang disimpan pada RAM akan hilang, ram ini memiliki keunggulan dapat diakses secara acak.

 

 

 

 

 

 

 

 


d.       ROM ( Read Only Memory )

adalah sebuah perangkat pemproses berupa media penyimpanan yang bersifat permanen, ROM biasanya sudah diisi langsung dari pabrik dan tidak dapat di ganti maupun di hapus isinya. ROM ini biasanya langsung tertanan pada motherboard.

 

 

 

 

 


e.       VGA Card ( Kartu VGA )

adalah kartu pengolah grafis, kartu ini digunakan untuk memproses data yang berhubungan dengan gambar dan pemodelan 3 Dimensi. seperti game 3D, Desain Arsitektur, membuat film 3D dll.

 

 

 

 

 

 

 


Kartu VGA Standart                                                            Kartu VGA High End

 

f.        Power Supply

adalah perangkat yang berfungsi untuk memberikan daya listrik ke semua komponen komputer. komponen ini biasa disebut dengan PSU ( Power Supply Unit )

 

 

 

 

 

 

 


Power Supply Tower                                   Power supply Dekstop

 

g.       Casing komputer

Adalah perangkat yang berfungsi untuk meletakkan semua komponen komputer termasuk motherboard sehingga lebih terlihat menarik, aman dan terhindar dari debu dan binatang. casing komputer biasanya berbentuk kotak, dimana pada casing terdapat tombol untuk menghidupkan komputer.

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Casing Komputer Tower                              Casing Komputer Dekstop

 

4.       Storage Device ( Perangkat Penyimpanan )

a.       Harddisk

adalah sebuah media penyimpanan yang menggunkan piringan magnet untuk menyimpan data. harddsik merupakan penyimpanan utama pada komputer, harddisk merupakan media penyimpanan terbesar, hingga mencapai 6TB atau sekitar atau sekitar 6000GB. pada perkembangannya magnetic harddsik akan digantikan dengan SSD ( Solid State Disk ).

 

 

 

 

 

 


SSD                 Harddisk Leptop                       Harddisk PC

b.       Flashdisk

Adalah mesia penyimpanan yang berukuran kecil biasa disebut dengan removable device, atau perangkat yang dapat di ambil da di colokkan lagi ke komputer lain, flash disk memiliki ukuran kecil sebesar ibu jari saja, kapasitas harddisk saat ini yang terbesar adalah 128 GB.

 

 

 

 

 

 


c.       CD ROM

CD atau Compact disk adalah piringan kecil yang berbentuk mengkilat seperti cermin, CD ini biasa diguanakan untuk menyimpan data music dan video. kapasitas penyimpanan sebuah piringan CD hanya sekitar 700MB atau sekitar 0.7 GB saja

d.       DVD ROM

DVD atau Digital Video Disk memiliki bentuk dan ukuran fisik yang sama dengan CD akan tetapi DVD memiliki kapasitas yang lebih besar dibandingkan dengan CD. kapasitas DVD adalah 4.7 GB dan 8 GB untuk yang dual layer.

 

 

 

 

 


Computer Disk (CD)     DVD                Blue Ray

 

e.       Blue Ray Disk

adalah media penyimpanan yang berbentuk menyerupai CD dan DVD akan tetapi meliki kapasitas yang lebih besar yaitu sampai 25 GB per lapisan sehingga Blue Ray disk yang memiliki dua lapis data dapat menyimpan 50 GB dalam satu keeping.

 

f.        Disket

adalah media penyimpanan pertama yang dapat dibawa kemana – mana, disket berukuran tipis dan lebar seukuran saku. disket ini hanya memiliki kapasitas penyimpanan sebesar 1.44 MB

g.       Memory Card

adalah media penyimpanan seukuran kuku, yang memiliki kapasitas seukuran dengan flashdisk. memory card ini banyak digunakan pada smartphone dan laptop. jenis memory card pun bermacam – macam, seperti SD card, Micro SD, M2 Card dan lain – lain.

 

 

 

 

 


Disket(1,44MB)                        SD Card (1024GB)                                Micro SD (256GB)

 

  RINGKASAN MATERI

o Perangkat   keras   komputer   atau   disebut   hardware   adalah   Komponen komputer   yang   dapat   kita   lihat   secara   fisik,   dapat   dipegang   ataupun dipindahkan disebut

o Perangkat keras masukan atau Input device yaitu peralatan yang digunakan untuk   memasukan  data  dan  program dalam  bentuk  data  digital  yang  akan diproses  oleh komputer, dengan tujuan menghasilkan informasi yang dibutuhkan.

o Perangkat    keras    pemrosesan    atau    Process    device adalah    urutan pelaksanaan atau kejadian yang saling terkait secara bersama-sama mengubah masukan menjadi  keluaran. Pelaksanaan  ini  dapat  dilakukan  oleh  manusia, alam, atau mesin dengan menggunakan berbagai sumber daya.

o Perangkat keras keluaran atau Output device yaitu peralatan yang berfungsi untuk menampilkan data, instruksi dan informasi  dalam bentuk teks, grafik atau gambar.

 

 


BAB II

PERANGKAT LUNAK KOMPUTER

 

Komputer merupakan mesin yang memproses data menjadi suatu informasi. Komputer digunakan users untuk meningkatkan hasil kerja dan memecahkan berbagai masalah. Yang menjadi pemroses data atau pemecah masalah itu adalah software atau perangkat lunak. Bentuk terkecil dari perangkat lunak adalah operasi aritmatik (+, -, :, x) dan logika (AND, OR, >, <, =). Dari operasi dasar ini disusun program atau perangkat lunak.

 

Perangkat lunak dapat diklasifikasikan sebagai berikut

1.     System Software:

·       Operating System (OS) : merupakan perangkat lunak yang mengoperasikan komputer serta menyediakan antarmuka dengan perangkat lunak lain atau dengan pengguna. Contoh sistem operasi: MS DOS, MS Windows (dengan berbagai generasi), Macintosh, OS/2, UNIX (dengan berbagai versi), LINUX (dengan berbagai distribusi), NetWare, dll.

·       Programming Languages : merupakan perangkat lunak untuk pembuatan atau pengembangan perangkat lunak lain. Bahasa pemprograman dapat diklasifikasikan menjadi tingkat rendah, tingkat sedang, dan tingkat tinggi. Pergeseran dari tingkat rendah ke tinggi menunjukkan kedekatan dengan “bahasa manusia”. Bahasa tingkat rendah (atau biasa disebut bahasa assembly) merupakan bahasa dengan pemetaan satu per satu terhadap instruksi komputer. Contoh bahasa tingkat tinggi : Pascal, BASIC, Prolog, Java dll. Contoh bahasa tingkat menengah : bahasa C.

Text Box: Compiler atau interpreter bisa diibaratkan sebagai suatu
kamus yang berfungsi untuk menterjemahkan bahasa pemrograman yang ditulis oleh programmer kedalam bahasa mesin agar komputer bisa bekerja sesuai dengan ketentuan program yang ditulis. Bahasa mesin merupakan suatu bahasa yang dikenal oleh komputer

Komputer merupakan peralatan elektronik, artinya komputer komputer bekerja berdasar pulsa-pulsa elektronik. Pulsa elektronik hanya memiliki 2 kondisi, yaitu ON (ada arus listrik) dan OFF (tidak ada arus). Kondisi ON dan OFF ini kemudian diterjemahkan dalam
angka 0 dan 1
http://kuliah.dinus.ac.id/edi-nur/images/new/4-2a.jpg

http://kuliah.dinus.ac.id/edi-nur/images/new/4-2b.jpgBahasa pemrograman diterjemahkan kedalam bahasa yang dimengerti komputer(bahasa mesin) oleh Compiler/ Interpreter.


 

http://kuliah.dinus.ac.id/edi-nur/images/new/4-2c.jpghttp://kuliah.dinus.ac.id/edi-nur/images/new/4-2d.gifhttp://kuliah.dinus.ac.id/edi-nur/images/new/4-2e.jpg

Dengan demikian,   sebenarnya   untuk   meng-gerakkan

komputer agar bisa bekerja, maka dituntut untuk mengetahui kombinasi kerja dari ON dan OFF. Kombinasi ini kemudian dikenal sebagai bahasa mesin, bahasa yang dikenal oleh komputer. Aturan yang ada didalam bahasa mesin, hanya merupakan kode-kode binary ataupun kode-kode tertentu yang tentunya sangat sulit untuk dipelmoduli.

Karena sulitnya bahasa mesin atau low level language ini, pabrik pembuat komputer kemudian membuat kamus agar bisa dimanfaatkan oleh pemakai. Kamus ini dikenal sebagai compiler atau interpreter.

Kamus yang ada berisi terjemahan angka 0 s/d 9, huruf A s/d Z, aneka tanda baca, aneka rumus perhitungan ataupun aturan-aturan yang terdapat dalam suatu bahasa program. Terjemahan yang ada akan berbentuk pulsa- pulsa elektronik yang kemudian dilambangkan dengan angka 0 dan 1 (konsep binary)

 

 

Interpreter akan menterjemahkan instruksi demi instruksi, dan apabila ditemui sesuatu kesalahan, maka proses akan berhenti, dan interpreter kemudian menunjukkan kesalahan tersebut. Untuk memulai proses, kesalahan yang ada harus dibetulkan terlebih dahulu. Interpreter biasanya hanya ditemui pada komputer jenis kecil, misalnya Personnal Computer.

Dalam bekerja, compiler akan menterjemahkan seluruh instruksi yang ada, dan seluruh kesalahan yang ditemui dalam instruksi yang ada, akan ditampilkan pada akhir proses penterjemahan.

Program yang ditulis dengan menggunakan language, juga disebut sebagai source program atau program yang masih mentah. Disebut mentah karena program ini masih harus diproses ataupun diterjemahkan kedalam bahasa mesin. Hasil penterjemahan suatu program kedalam

·       bahasa mesin, dikenal sebagai object program.System Utility : merupakan program khusus yang berfungsi sebagai perangkat pemeliharaan komputer, seperti antivirus, partisi hardisk, manajemen hardisk, dll. Contoh produk program utilitas: Norton Utilities, PartitionMagic, McAfee, dll.

 

2.     Application Software

·       Custom-made Software / Custom Software / Tailor-made Software :

merupakan program yang dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan yang spesifik. Contoh

: aplikasi akuntansi, aplikasi perbankan, aplikasi manufaktur, dll.

Commercial Software / Package Software :

·       wordprocessor

·       desktop publishing

·       spareadsheet

·       database management system

·       graphics software, dsb


Software komputer

          Perangkat Lunak Aplikasi

Aplikasi Office

Perangkat lunak aplikasi perkantoran yang umum adalah pemroses kata dan pemroses tabel . Pemroses kata umum di gunakan untuk menggantikan tugas pengetikan yang sering di lakukan. Selain dapat melakukan format pengetikan seperti penomoran, pengaturan spasi, margin (jarak pinggir kertas), jenis huruf (font), pemroses kata juga dapat melakukan proses pengecekan kata bahkan kalimat.

Pemroses tabel biasanya di gunakan untuk melakukan perhitungan yang menggunakan tabel (tabulasi). Fungsi standar yang di gunakan adalah penjumlahan di suatu range dalam baris atau kolom tertentu, atau fungsi lainnya seperti pencarian nilai rata-rata, maksimal, minimal atau deviasi. Automasi pemrosesan dapat dilakukan dengan menggunakan macro, misalnya perhitungan bulanan.

 

Aplikasi Multimedia

Aplikasi multimedia saat ini sangat banyak dan beragam. Di katakan Multimedia karena selain penggunaan media teks, aplikasi ini dapat memproses / menampilkan dalam bentuk yang lain yaitu gambar, suara dan film

Aplikasi Multimedia sangat berkaitan dengan format data yang di gunakan. Aplikasi Multimedia umumnya di pisahkan lagi menjadi aplikasi yang di gunakan untuk membuat, yang hanya di gunakan untuk menampilkan saja dan aplikasi pengaturan.

 

·       MIDI (Musical Instrument Digital Interface) , format suara instrumen ini di perkenalkan pada tahun 1983 oleh perusahaan musik elektrik seperti Roland, Yamaha dan Korg. Format MIDI bersifat sangat kompak dengan ukurannya yang kecil, suara yang di hasilkan oleh MIDI dengan dukungan sound card yang memilik synthesizer (penghasil suara elektrik) sangatlah mirip dengan organ elektrik yang bisa memainkan berbagai alat musik.

·       MP3, format suara yang terkenal saat ini berbeda dengan MIDI yang hanya instrument, MP3 merekam seluruh suara termasuk suara penyanyinya. Kualitas suara MP3 akan berbanding dengan ukuran penyimpannya. Kualitas yang banyak di gunakan untuk merekam musik adalah standar CD-ROM (44,2 KHz, 16 bit, stereo), sementara kualitas terendah adalah kualitas seperti telepon (5 KHz, 8 bit, mono).

·       MPEG (Moving Picture Experts Group), merupakan format yang di susun oleh ahli dari berbagai penjuru dunia untuk format multimedia.

·       AVI (Audio Video Interleave), format AVI di buat oleh Microsoft dan mudah di pindah- pindahkan di aplikasi buatan Microsoft lainnya seperti Word atau PowerPoint

·       Quicktime, sama dengan AVI, Quicktime dapat digunakan baik di komputer berbasis Intel maupun Mac. Quicktime dapat menyaingin AVI di karenakan tingkat kompresinya yang lebih baik. Tingkat kompresi menentukan besar-kecilnya file yang akan menentukan pula besar- kecilnya media penyimpanan, dan lebar jalur data yang dibutuhkan untuk transfer.

 

Aplikasi Internet

 

Aplikasi Internet adalah protokol yang digunakan untuk berhubungan antara satu orang atau mesin dengan pihak lain yang berjauhan. Aplikasi internet akan menyangkut dua sisi, yaitu sisi penyedia (server) atau sisi pengguna (client).

Contoh aplikasi internet dan perangkat lunak dari sisi pengguna yang umum di gunakan adalah :

·       HTTP (Hypertext Transfer protocol), merupakan aplikasi internet yang menampilkan baris kalimat, atau gambar, dengan beberapa kata yang di beri tanda garis bawah (hypertext). Dari hypertext ini, pengguna dapat melompat dari satu dokumen (page) ke dokumen lainnya.

Perangkat lunak di sisi pengguna yang menjalankan http di kenal sebagai browser. Contoh browser adalah Internet Explorer dan Netscape.

·       E-mail (Electronic mail), merupakan aplikasi surat menyurat di internet. Contoh perangkat lunaknya adalah Outlook Express

·       Messenger

Messenger di gunakan untuk berkomunikasi antara satu orang atau lebih (conference), selain komunikasi melalu teks (messsage), juga bisa berupa suara (voice) mapun film (webcam)

Contoh : Yahoo Messenger