BAB I
PERANGKAT KERAS KOMPUTER
Tahukah kalian, komputer pertama pada zaman dahulu
berukuran sangat besar sehingga harus ditempatkan pada satu ruangan yang
luasnya 167m? Sangat berbeda dengan
sekarang ini, komputer berukuran kecil sehingga mudah kita bawa ke mana-mana.
Berbagai perangkat pendukung komputer juga berkembang dengan pesat. Pada bab
ini kita akan membahas berbagai macam perangkat keras komputer (hardware) beserta fungsinya.
Sebelum kita mengenal perangkat keras komputer,
sebaiknya kita kenali terlbih dahulu apa itu komputer ???
Komputer merupakan suatu mesin elektronik yang
terdiri dari ribuan bahkan jutaan komponen yang bekerja secara tepat dengan
membentuk sebuah sistem kerja yang rapi dan teliti. Komputer dapat menerima
informasi input digital, kemudian memprosesnya sesuai dengan program yang
tersimpan di memori, menyimpan perintah-perintah dan hasil pengolahan, serta
menghasilkan output berupa informasi.
Perangkat keras (Hardware)
adalah perangkat keras komputer yang berupa sebuah bentuk fisik dari komputer
itu sendiri, hardware dapat berupa komponen elektonik yang dapat kita sentuh.
pada dasarnya hardware diklasifikan seperti gambar berikut
![]() |
|||||||||||
![]() |
|||||||||||
|
|||||||||||
![]() |
|||||||||||
|
|||||||||||
![]() |
|||||||||||
Setiap
bagian dari komputer tersebut mempunyai fungsi masing-masing yang saling
berkaitan. Input device/perangkat input (1) merupakan perangkat yang berfungsi
untuk menerima input untuk diproses oleh CPU. Sebaliknya, output
device/perangkat output (2) berfungsi untuk menampilkan hasil pengolahan data
yang dihasilkan oleh CPU. Central Processing Unit (3) atau sering disingkat CPU
merupakan komponen yang paling penting dari komputer, karena komponen inilah
yang mengendalikan semua unit sistem komputer yang lain dan mengubah input
menjadi output. Storage device/perangkat penyimpanan (4) menyediakan tempat
untuk menyimpan data. Tempat penyimpanan ini sendiri dapat berupa RAM dan ROM.
Perangkat
keras (hardware) komputer umumnya digolongkan menjadi 4 jenis, yaitu:
Ø Perangkat masukan data (input device)
Ø Perangkat keluaran data (output device)
Ø Perangkat pemrosesan data (processing
device)
Ø Perangkat penyimpanan data (storage
device)
Berikut
ini akan dibahas satu-persatu perangkat keras tersebut.
1.
Input
Device ( Perangkat Masukan )
perangkat
masukana adalah alat yang digunakan manusia untuk memberi perintah ke komputer,
alat ini biasaya bias berupa tombol – tombol, sebuah pointer maupun layar
sentuh, berikut beberapa contoh dari perangkat masukan :
a. Keyboard ( Papan ketik )
adalah sebuah
papan ketik yang berisi kumpulan huruf angka dan karakter lain yang digunakan
untuk memberi masukan kepada komputer.
b. Mouse
adalah alat
masukan yang digunakan untuk meggerakkan pointer ( tanda panah ) pada layar
komputer, sehingga dengan adanya mouse kita lebih mudah dalam memilih menu –
menu yang ada pada layar komputer. bentuk mouse bermacam – macam ada yang
terbuat dari track ball, sinar infra merah dan pada perkembangannya mouse sudah
disertakan pada komputer jinjing atau laptop, mouse pada laptop ini sering kita
kenal dengan touchpad.
c. Scanner ( Pemindai Gambar )
adalah
perangkat masukan yang digunakan untuk memindai gambar atau foto, sehingga
gambar tersebut dapat dilihat maupun disimpan dalam komputer, scanner ini
biasanya digunakan untuk mengarsipkan berkas – berkas lama, sehingga jika
berkas yang berupa media kertas hilang atau rusak, kita masih memiliki berkas
digital didalam komputer.
![]() |


a. Keyboard b.
Mouse c.
Scanner
d. Microfon
adalah perangkat masukan
yang digunakan untuk memasukkan data berupa suara ke komputer.
e. Webcam
adalah
sebuah kamera yang digunakan untuk mengambil gambar atau video yang secara
langsung dapat disimpan di komputer, biasanya webcam digunakan untuk bercakap –
cakap melalui internet yang sering kita kenal dengan video call maupun video
converence.
f.
Pen
Tablet / Digitizer
adalah sebuah
perangkat masukan yang berfungsi seperti mouse akan tetapi meiliki sensitifitas
daya tekan. sehingga dengan menggunakan perangkat ini mempermudah pengguna
untuk menggambar garis tebal tipis yang tidak dapat dilakukan dengan sebuah
mouse. pen tablet ini biasa digunakan para designer untuk melukis maupun
kegiatan desain grafis lainnya.
![]() |
![]() |
||||
![]() |
|||||
- Microfon e. Webcam f.
Pen tablet/ Digitizer
g. Touchscreen / Layar sentuh
Seiring
berkembangnya teknologi, sebuah komputer juga dilengkapi dengan fasilitas layar
sentuh, hal ini ditujukan untuk mempermudah pengguna.
h. Barcode Scanner
yaitu
perangkat input yang digunakan untuk membaca kode batang pada sebuah benda,
barcode scanner biasanya digunakan di supermarket atau pasar swalayan, cara
kerja dari barcode ini adalah dengan cara menembakkan sinar inframerah pada
bagian produk yang terdapat kode batangnya.
![]() |
|||
![]() |
|||
- Touchscreen h.
Barcode Scanner
2.
Output
Device ( Perangkat Keluaran )
a. Monitor
monitor adalah
sebuah perangkat yang digunakan untuk menampikan gambar pada sebuah komputer,
monitor menalami banyak perkembanga. pada jaman komputer pertama ditemukan
monitor hanya dapat menampilkan huruf dalam satu warna, kemudian disusul dengan
monitor berwarna yang bentuk fisiknya masih lumayan tebal. monitor ini disebut
dengan monitor CRT ( Cathode Ray Tube ). selanjutnya monitor CRT digantikan
dengan monitor LCD yang ukurannya lebih tipis, hemat ruang dan hemat daya. LCD
adalah singkatan dari Liquid Crystal Display, pada masa sekarang LCD juga sudah
mulai tergantinkan dengan layar LED Display ( Light Emit Diode Display ).
![]() |
|||
![]() |
|||
Monitor CRT Monitor
LCD
b. Speaker
Adalah perangkat keluaran yang menghasilkan suara.
speaker komputer memiliki fungsi yang saya dengan speaker pada umumnya akan
tetapi memiliki daya yang lebih kecil.
c. Printer
Adalah
perangkat keluaran yang digunakan untuk mencetak data ke media kertas. printer
ini dibagi menjadi beberapa jenis yaitu printer dot matriks, printer inkjet dan
printer laser.
![]() |
|||||
![]() |
|||||
![]() |
|||||
Printer Inkjet Printer
Dot Matriks Printer
Laser
d. Plotter / LFP ( Large Format Printer )
adalah
perangkat keluaran yang digunakan untuk mencetak pada media yang lebih luas
daripada printer, plotter biasa digunakan untuk mencetak foto ukuran jumbo,
mencetak baner dan media lain yang berukuran besar.
![]() |
|||
![]() |
|||
e. Proyektor
Proyektor hampir sama dengan
monitor,
yang
berfungsi
untuk menampilkan
gambar
atau visual hasil
pemrosesan
data. Proyektormemerlukan objek lain sebagai media penerima pancaran signal- signal gambar yang dipancarkan.
3.
Processing
Unit ( Bagian Pemprosesan )
Processing
unit adalah perangkat yang terdiri dari beberapa pengkat lain yang saling
berkolaborasi untuk mengolah data pada sebuh komputer, baik tidaknya sebuah
komputer di pengaruhi oleh komponen – komponen dari processing unit. berikut
beberapa komponen penting sebuah Processing Unit :
a. Processor
adalah
otak dari sebuah komputer, dimana semua data yang ada di komputer diolah di
processor. processor ini terdiri dari ribuan bahkan jutaan transistor yang
disusun rapi pada sebuah chip kecil, sebuah pabrik processor menggunakan
teknologi nano untuk menyusun jutaan transistor tersebut. processor yang
popular saat ini adalah merek Intel dan AMD.
Processor
itu sendiri terdiri dari beberapa bagian diantaanya :
Ø ALU ( Arithmetic Logic Unit ) merupakan
pusat darisegala perhitungan matematis dari sebuah processor, disinilah semua
data diproses
Ø CU ( Control Unit ) merupakan bagian
processor yang berfungsi untu mengatur lalulintas data maupun perhitungan yang
dilakukan processor.
Ø MU ( Memory Unit ) bagian pendukung dari
sebuh processor, dimana perintah – perintah yang sering dikerjakan processor
akan disimpan disini, sehingga jika ada perintah yang sama berulang, ALU
menyerahkan tugas tersebut ke MU.
Processor Merek Intel (LGA) Processor
Merek AMD (PGA
Produsen
processor yang terkenal saat ini adalah Intel dan AMD keduanya adalah
perusahaan asal California Amerika serikat, processor intel menggunakan socket
/ dudukan LGA ( Land Grid Array ) sedangkan AMD menggunakan socket PGA ( Pin
Grid Array )
b. Motherboard ( Papan Induk )
merupakan perangkat sirkuit utama sebuah komputer,
dimana semua perangkat keras komputer di hubungkan dengan motherboard ini.
dengan kata lain motherboard adalah perangkat yang digunakan untuk meletakkan
komponen – kompenen komputer lain.
c. RAM ( Random Access memory )
adalah sebuah
perangkat pemproses berupa media penyimpanan yang bersifat sementara, yang
berfungsi untuk menyimpan data atau perintah yang bersifat sementara. jadi jika
komputer dimatikan, data yang disimpan pada RAM akan hilang, ram ini memiliki
keunggulan dapat diakses secara acak.
![]() |
|||
![]() |
|||
d. ROM ( Read Only Memory )
adalah sebuah perangkat pemproses berupa media
penyimpanan yang bersifat permanen, ROM biasanya sudah diisi langsung dari
pabrik dan tidak dapat di ganti maupun di hapus isinya. ROM ini biasanya
langsung tertanan pada motherboard.
![]() |
e. VGA Card ( Kartu VGA )
adalah kartu
pengolah grafis, kartu ini digunakan untuk memproses data yang berhubungan
dengan gambar dan pemodelan 3 Dimensi. seperti game 3D, Desain Arsitektur,
membuat film 3D dll.
![]() |
|||
![]() |
|||
Kartu VGA Standart Kartu VGA
High End
f.
Power
Supply
adalah
perangkat yang berfungsi untuk memberikan daya listrik ke semua komponen
komputer. komponen ini biasa disebut dengan PSU ( Power Supply Unit )
![]() |
|||
![]() |
|||
Power Supply Tower Power supply Dekstop
g. Casing komputer
Adalah perangkat yang berfungsi untuk meletakkan semua komponen komputer
termasuk motherboard sehingga lebih terlihat menarik, aman dan terhindar dari
debu dan binatang. casing komputer biasanya berbentuk kotak, dimana pada casing
terdapat tombol untuk menghidupkan komputer.
![]() |
|||
![]() |
|||
Casing Komputer Tower Casing Komputer Dekstop
4.
Storage
Device ( Perangkat Penyimpanan )
a. Harddisk
adalah sebuah
media penyimpanan yang menggunkan piringan magnet untuk menyimpan data.
harddsik merupakan penyimpanan utama pada komputer, harddisk merupakan media
penyimpanan terbesar, hingga mencapai 6TB atau sekitar atau sekitar
6000GB. pada perkembangannya magnetic harddsik akan digantikan dengan SSD (
Solid State Disk ).
![]() |
SSD Harddisk
Leptop Harddisk PC
b. Flashdisk
Adalah mesia penyimpanan yang berukuran kecil biasa disebut dengan
removable device, atau perangkat yang dapat di ambil da di colokkan lagi ke
komputer lain, flash disk memiliki ukuran kecil sebesar ibu jari saja,
kapasitas harddisk saat ini yang terbesar adalah 128 GB.
![]() |
c. CD ROM
CD
atau Compact disk adalah piringan kecil yang berbentuk mengkilat seperti
cermin, CD ini biasa diguanakan untuk menyimpan data music dan video. kapasitas
penyimpanan sebuah piringan CD hanya sekitar 700MB atau sekitar 0.7 GB saja
d. DVD ROM
DVD atau Digital Video Disk memiliki bentuk dan ukuran fisik yang sama
dengan CD akan tetapi DVD memiliki kapasitas yang lebih besar dibandingkan
dengan CD. kapasitas DVD adalah 4.7 GB dan 8 GB untuk yang dual layer.
![]() |
Computer Disk (CD) DVD Blue Ray
e. Blue Ray Disk
adalah
media penyimpanan yang berbentuk menyerupai CD dan DVD akan tetapi meliki
kapasitas yang lebih besar yaitu sampai 25 GB per lapisan sehingga Blue Ray
disk yang memiliki dua lapis data dapat menyimpan 50 GB dalam satu keeping.
f.
Disket
adalah
media penyimpanan pertama yang dapat dibawa kemana – mana, disket berukuran
tipis dan lebar seukuran saku. disket ini hanya memiliki kapasitas penyimpanan
sebesar 1.44 MB
g. Memory Card
adalah media
penyimpanan seukuran kuku, yang memiliki kapasitas seukuran dengan flashdisk.
memory card ini banyak digunakan pada smartphone dan laptop. jenis memory card
pun bermacam – macam, seperti SD card, Micro SD, M2 Card dan lain – lain.
![]() |
|||||
![]() |
|||||
![]() |
|||||
Disket(1,44MB) SD Card (1024GB) Micro SD (256GB)
RINGKASAN
MATERI
o Perangkat keras komputer atau disebut hardware adalah Komponen
komputer yang dapat kita lihat secara
fisik, dapat dipegang ataupun
dipindahkan disebut
o Perangkat keras masukan atau Input device yaitu peralatan yang
digunakan
untuk memasukan data dan
program dalam bentuk data digital yang akan
diproses oleh komputer, dengan tujuan menghasilkan informasi yang
dibutuhkan.
o Perangkat keras pemrosesan atau Process device adalah urutan
pelaksanaan atau kejadian yang saling terkait secara
bersama-sama mengubah masukan menjadi
keluaran. Pelaksanaan
ini
dapat
dilakukan oleh
manusia, alam, atau mesin dengan menggunakan berbagai sumber
daya.
o Perangkat keras keluaran atau Output
device yaitu peralatan yang berfungsi
untuk menampilkan data, instruksi
dan informasi
dalam bentuk teks, grafik
atau
gambar.
BAB II
PERANGKAT LUNAK KOMPUTER
Komputer merupakan
mesin yang memproses
data menjadi suatu informasi. Komputer
digunakan users untuk meningkatkan hasil kerja dan memecahkan berbagai
masalah. Yang menjadi pemroses data
atau pemecah masalah itu adalah software atau perangkat lunak. Bentuk terkecil
dari perangkat lunak adalah operasi
aritmatik (+, -, :, x) dan logika
(AND, OR, >, <, =). Dari operasi dasar
ini disusun program
atau perangkat lunak.
Perangkat lunak
dapat diklasifikasikan sebagai
berikut
1.
System Software:
· Operating System (OS) : merupakan perangkat
lunak yang mengoperasikan komputer serta menyediakan
antarmuka dengan perangkat lunak lain atau dengan pengguna. Contoh sistem operasi: MS DOS, MS Windows (dengan
berbagai generasi), Macintosh, OS/2, UNIX (dengan berbagai versi), LINUX (dengan berbagai
distribusi), NetWare, dll.
· Programming Languages : merupakan perangkat lunak untuk pembuatan
atau pengembangan perangkat
lunak lain. Bahasa pemprograman dapat diklasifikasikan menjadi tingkat rendah, tingkat sedang, dan
tingkat tinggi. Pergeseran dari tingkat rendah ke tinggi menunjukkan kedekatan dengan “bahasa manusia”.
Bahasa tingkat rendah (atau biasa disebut
bahasa assembly) merupakan bahasa dengan pemetaan satu per satu
terhadap instruksi komputer.
Contoh bahasa tingkat tinggi : Pascal, BASIC, Prolog, Java dll. Contoh bahasa
tingkat menengah : bahasa C.
![]() |
|||
![]() |
|||

Dengan demikian, sebenarnya untuk
meng-gerakkan komputer agar bisa bekerja, maka dituntut untuk
mengetahui kombinasi kerja dari ON dan OFF. Kombinasi ini kemudian dikenal sebagai bahasa
mesin, bahasa yang dikenal oleh
komputer. Aturan yang ada didalam bahasa mesin, hanya
merupakan kode-kode binary
ataupun kode-kode tertentu yang tentunya sangat
sulit untuk dipelmoduli. |
Karena sulitnya bahasa mesin atau
low level language ini, pabrik pembuat
komputer kemudian membuat
kamus agar bisa dimanfaatkan
oleh pemakai. Kamus ini dikenal sebagai compiler atau interpreter. |
Kamus yang ada berisi terjemahan
angka 0 s/d 9, huruf A s/d Z, aneka tanda
baca, aneka rumus
perhitungan ataupun
aturan-aturan yang terdapat dalam suatu bahasa program. Terjemahan yang ada akan berbentuk pulsa-
pulsa elektronik yang kemudian dilambangkan dengan angka 0 dan 1 (konsep binary) |
Interpreter akan menterjemahkan instruksi
demi instruksi, dan apabila ditemui
sesuatu kesalahan, maka proses akan berhenti, dan interpreter kemudian
menunjukkan kesalahan tersebut.
Untuk memulai proses,
kesalahan yang ada harus dibetulkan terlebih dahulu. Interpreter biasanya hanya ditemui
pada komputer jenis kecil, misalnya
Personnal Computer.
Dalam bekerja,
compiler akan menterjemahkan seluruh instruksi yang ada, dan seluruh kesalahan
yang ditemui dalam instruksi yang ada, akan ditampilkan pada akhir proses penterjemahan.
Program yang ditulis dengan
menggunakan language, juga disebut sebagai source program atau program yang masih mentah. Disebut
mentah karena program ini masih harus diproses
ataupun diterjemahkan kedalam
bahasa mesin. Hasil penterjemahan suatu program kedalam
· bahasa mesin,
dikenal sebagai object program.System Utility : merupakan program
khusus yang berfungsi sebagai perangkat pemeliharaan komputer, seperti antivirus, partisi hardisk, manajemen
hardisk, dll. Contoh produk program utilitas: Norton Utilities, PartitionMagic, McAfee, dll.
2.
Application Software
·
Custom-made Software
/ Custom Software
/ Tailor-made Software :
merupakan program yang dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan
yang spesifik. Contoh
:
aplikasi akuntansi, aplikasi
perbankan, aplikasi manufaktur, dll.
Commercial Software
/ Package Software
:
· wordprocessor
·
desktop publishing
· spareadsheet
·
database management system
· graphics software, dsb
![]() |
Software komputer
Perangkat Lunak Aplikasi
Aplikasi Office
Perangkat lunak aplikasi
perkantoran yang umum adalah pemroses kata dan pemroses tabel . Pemroses
kata umum di gunakan untuk menggantikan tugas pengetikan yang sering di lakukan. Selain
dapat melakukan format
pengetikan seperti penomoran, pengaturan spasi, margin
(jarak pinggir kertas),
jenis huruf (font),
pemroses kata juga dapat melakukan proses pengecekan kata bahkan kalimat.
Pemroses tabel biasanya di gunakan untuk melakukan perhitungan yang menggunakan tabel (tabulasi).
Fungsi standar yang di gunakan adalah penjumlahan di suatu range dalam baris atau kolom tertentu, atau fungsi lainnya
seperti pencarian nilai rata-rata, maksimal, minimal atau deviasi. Automasi
pemrosesan dapat dilakukan
dengan menggunakan macro,
misalnya perhitungan bulanan.
Aplikasi Multimedia
Aplikasi multimedia saat ini sangat banyak dan beragam. Di katakan Multimedia karena selain penggunaan media teks, aplikasi ini dapat
memproses / menampilkan dalam bentuk yang lain yaitu gambar, suara dan film
Aplikasi
Multimedia sangat berkaitan dengan format data yang di gunakan. Aplikasi
Multimedia umumnya di pisahkan lagi
menjadi aplikasi yang di gunakan untuk membuat, yang hanya di gunakan untuk menampilkan saja dan aplikasi
pengaturan.
· MIDI (Musical Instrument Digital
Interface) , format suara instrumen ini di perkenalkan pada tahun 1983 oleh perusahaan musik elektrik
seperti Roland, Yamaha dan Korg. Format MIDI
bersifat sangat kompak dengan ukurannya yang kecil, suara yang di hasilkan
oleh MIDI dengan dukungan sound card yang memilik
synthesizer (penghasil suara elektrik) sangatlah mirip dengan organ elektrik yang bisa memainkan berbagai alat musik.
· MP3, format suara yang terkenal saat ini
berbeda dengan MIDI yang hanya instrument, MP3
merekam seluruh suara termasuk suara penyanyinya. Kualitas suara MP3
akan berbanding dengan ukuran penyimpannya. Kualitas
yang banyak di gunakan untuk merekam musik
adalah standar CD-ROM (44,2 KHz, 16 bit, stereo), sementara
kualitas terendah adalah
kualitas seperti telepon
(5 KHz, 8 bit, mono).
· MPEG
(Moving Picture
Experts Group), merupakan
format yang di susun oleh ahli
dari berbagai penjuru dunia untuk format multimedia.
· AVI
(Audio Video Interleave), format AVI di buat oleh Microsoft dan mudah di pindah- pindahkan di aplikasi buatan
Microsoft lainnya seperti
Word atau PowerPoint
· Quicktime, sama dengan AVI, Quicktime dapat
digunakan baik di komputer berbasis Intel maupun
Mac. Quicktime dapat menyaingin AVI di karenakan tingkat kompresinya yang lebih baik. Tingkat kompresi menentukan
besar-kecilnya file yang akan menentukan pula besar- kecilnya media penyimpanan, dan lebar jalur data yang dibutuhkan untuk transfer.
Aplikasi Internet
Aplikasi
Internet adalah protokol yang digunakan untuk berhubungan antara satu orang
atau mesin dengan pihak lain yang
berjauhan. Aplikasi internet akan menyangkut dua sisi, yaitu sisi penyedia (server)
atau sisi pengguna
(client).
Contoh aplikasi
internet dan perangkat lunak dari sisi pengguna yang umum di gunakan adalah
:
· HTTP (Hypertext Transfer protocol),
merupakan aplikasi internet yang menampilkan baris kalimat, atau gambar, dengan beberapa kata yang di beri tanda garis bawah (hypertext). Dari hypertext
ini, pengguna dapat melompat dari satu dokumen
(page) ke dokumen
lainnya.
Perangkat
lunak di sisi pengguna yang menjalankan http di kenal sebagai browser. Contoh browser adalah Internet Explorer dan Netscape.
· E-mail (Electronic mail), merupakan aplikasi
surat menyurat di internet. Contoh perangkat
lunaknya adalah Outlook Express
·
Messenger
Messenger di gunakan untuk berkomunikasi antara satu orang atau lebih (conference), selain
komunikasi melalu teks (messsage), juga bisa berupa suara (voice)
mapun film (webcam)
Contoh : Yahoo Messenger
0 Komentar